Hotcake Tugumuda


Gerobak Coklat





Mengapa harus Gerobak Cokelat ?
Diferensiasi dalam bisnis adalah hal yang sangat penting untuk menjamin
berlangsungnya "Long Life Business", begitu juga dengan bisnis kuliner dewasa ini.

Dalam kuliner diferensiasi pokok terdapat pada konsep dan resep,
Sementara Gerobak Cokelat memiliki diferensiasi kuat untuk keduanya,
dari diferensiasi konsep yang menjual olahan cokelat dalam kemasan utama
lesehan saung tradisional, juga resep utamanya yang serba cokelat serta
dipadukan dengan banyak menu tradisional ala Gerobak Cokelat. Tidak hanya
sampai di situ, Gerobak Cokelat juga dapat diaplikasikan dalam bentuk konsep
tea bar di mall, rumah, ataupun ruko tentunya dengan mengusung konsep
tradisional yang tetap low cost.

Prospek terkini ?
Sambutan dan tanggapan positif masyarakat Solo kepada Gerobak Cokelat
sebagai pionir kafe cokelat tradisional sangatlah baik, terbukti dari
sangat banyaknya jumlah followers twitter @GerobakCokelat ketika belum
genap dua tahun dibukanya bisnis ini dan komen positif pada kolom
"favorites" via twitter @GerobakCokelat, mencakup pasar semua kalangan
 dan usia yang tentunya juga didukung dengan harga yang relatif terjangkau.
Tidak jarang pengunjung yang datang menggelar tikar di luar saung ketika
pelanggan membludak.

Juga dari beberapa media massa yang meliput pada tahun pertama dan
awal tahun kedua dibukanya Gerobak Cokelat oleh dua koran lokal
terbesar Solopos dalam rubrik "Fokus Kreatif", Joglosemar dalam rubrik
"KADIN"/Kamar Dagang dan Industri Indonesia, serta Tabloid Saji edisi
 273 10 - 16 Juli 2013.


Tentunya dicapai dengan strategi marketing yang tetap low cost, seperti yang telah dirangkum pada "GeCo Guidance Book".





" Fokus Kreatif " edisi Selasa
14 Agustus 2012
" KADIN " Senin 25 Maret 2013


Taboid Saji edisi 273 Periode 10 - 16 Juli 2013



Mengapa menjanjikan ?

Ya, karena Gerobak Cokelat dengan sistem "Long Life Business" franchise yang 
amat sangat memudahkan dan meringankan.
Tidak lebih dari dua gerai per satu kota besar, dan hanya satu gerai per kota 

kecil, kecuali Jakarta yang memiliki kepadatan luar biasa kami membatasi empat 
gerai untuk keseluruhan DKI Jakarta.
Mengapa demikian?
Dari kacamata kami beberapa brand kuliner waralaba terkenal berangsur-angsur 

mengalami penurunan omset bahkan sepi karena terlalu dekatnya jarak dan jumlah 
gerai dalam satu kota.

Dengan konsep tersebut, diharapkan mencapai target semua kalangan dan usia, 

serta dengan menerapkan rangkuman panduan pada "GeCo Guidance Book" diharapkan 
melebihi ROI yang dicapai Gerobak Cokelat pusat sebesar rata-rata 200 % s/d 230 % 
per tahun pertama dan awal tahun kedua dengan omset tertinggi harian yang pernah tercapai 
(dalam jam kerja efektif hanya tujuh jam) sebesar Rp 1.125.000,- .

Konsep Mall
Konsep Mall ( Tampak Samping )Konsep Mall ( Tampak Depan )
Konsep Ruko besar - SulawesiGerobak Cokelat cabang Purwokerto

Konsep Saung - Foto Gerobak Cokelat PusatFoto Pelanggan Membludak Di luar Saung
Meja Bartender berbahan kayu jati asliMeja Kasir ( Additional Item )


NB :
-
Hal demikian terjadi bila menerapkan harga yang sama persis dengan Gerobak Cokelat
 Pusat yang hanya
Rp 3.000 s/d Rp 11.000 pada menunya ( dikarenakan Gerobak Cokelat Pusat terletak
di Solo yang notabene-nya memiliki masyarakat yang sangat pemilih soal rasa dan harga ).
Oleh karenanya penyesuaian harga sangat dibutuhkan untuk menunjang profit yang
lebih maksimal, tentunya untuk menu-menu yang sangat menunjang; Hot Supreme Chocolate
 misalnya.
-
Setelah Penyesuaian harga, apabila pihak Franchisee berkomitmen kuat dalam
melaksanakan yang ada pada "Geco Guidance Book" diharapkan keuntungan dapat lebih maksimal.

Didukung kerjasama silang berkelanjutan tentang update resep, strategi dll, serta pembagian
 royalti hanya 3% omset dari pihak Franchisee kepada pihak Franchisor (berlaku mulai
bulan ke empat setelah dibukanya cabang), tentunya sebagai bentuk terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan dan tidak saling memberatkan antara kedua belah pihak.
Biaya Franchise ?

Cukup dengan Rp 45 juta, kami dapat memberikan kontribusi berupa :
Seragam
Pengelolaan Sosial Media (Twitter dan Website)
Resep *)
Pendampingan seleksi tempat dan konsultasi harga jual menu setelah penyesuaian.
Masukan konsep/desain tempat setelah diketahui panjang, lebar dan luas tempat.
Bartender semi tradisional dari kayu jati asli ( bukan acacia )
Seluruh peralatan makan dan minum berbagai menu di Gerobak Cokelat.
Sistem Operasional
Guidance Book ** )
Konsultasi intensif selama tiga bulan awal berdirinya cabang Gerobak Cokelat via 
telefon dan email, atau secara langsung datang dengan biaya pengganti transport.
Update resep, strategi, dan event berkelanjutan dari Pusat via telefon/email/
text message/blackberry messenger.

Keuntungan bermitra dengan Gerobak Cokelat :
  1. Memiliki bisnis dengan diferensiasi resep serta konsep yang kuat dan berkesan.
  2. Mendapatkan buku panduan mencakup strategi dan sistem dengan penjelasan singkat,                      diharapkan dapat membantu pihak Cabang berkembang dan semakin besar.
  3. Ketersediaan pihak Pusat untuk menerima layanan konsultasi setiap saat.
  4. Tidak menarik kontrak per lima atau sepuluh tahun kerjasama seperti konsep franchise                         pada umumnya.
  5. Semakin lama dengan semakin banyaknya Cabang yang tersebar, secara otomatis dapat                 mendongkrak nama "Gerobak Cokelat" di setiap cabangnya. 
Ringkasan Eksekutif :
Franchisee / Mitra ideal untuk bisnis ini adalah yang tentunya dapat mencurahkan perhatian
 ekstra pada awal tahun pertama, memiliki kesadaran dan komitmen kuat untuk maju dan besar bersama.
Uraian poin :
*)Resep dan bahan yang dibagikan adalah seluruhnya, kecuali master cokelat (racikan utama
 untuk beberapa menu minuman hot dan ice cokelat)
**)Guidance Book, mencakup strategi-strategi unik yang tentunya tetap low cost dan memiliki
 nilai efisiensi yang tinggi.
Jam kerja operasional ideal per hari adalah 8 jam dimulai sore hari, namun apabila mitra dapat lebih maksimal dalam berbisnis tentunya akan lebih menguntungkan apabila dimulai pada siang hari
dengan total jam operasional 12 jam per hari.
Untuk mitra di luar Pulau Jawa dikenakan penyesuaian harga investasi (biaya kirim bartender
 tradisional bila dibuat langsung oleh pusat atau pihak mitra membuat sendiri dengan
menghubungi pengrajin sekitar, tentunya dengan desain dan ukuran pasti yang telah ditetapkan)
Salah satu kunci terbesar sukses bisnis ini tidak lebih dari menjalin komunikasi yang erat
dengan pihak Pusat.

Foto Suasana :

Foto komentar Twitter

Komentar pelanggan via kolom favorites Twitter @GerobakCokelat ( 24 komen dari 600 lebih )


Foto komentar Twitter

Komentar pelanggan via kolom favorites Twitter @Gerobak Cokelat ( 24 komen dari 600 lebih )



Foto komentar Twitter

Komentar pelanggan via kolom favorites Twitter @GerobakCokelat ( 24 komen dari 600 lebih )


Gerobak Cokelat

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment